Mulailah berbagi dari hal yang sederhana~

Rumus-Rumus Mencari Luas dan Keliling Bangun Datar

Minggu, Januari 27, 2013 Posted by Antonius Alfari Aritonang , 193 comments
Selamat sore, kali ini saya akan membagikan Rumus-Rumus Mencari Luas dan Keliling Bangun Datar. Ini dia rumus-rumusnya:


1. Persegi
Ket:
s = sisi
Luas = s x s
Keliling = 4 x s atau Jumlah semua sisi


Ket:
p = panjang
l = lebar
Luas = p x l
Keliling = 2 x (p+l) atau 2xp + 2xl atau Jumlah semua sisi






3. Segitiga
Ket:
a = alas
t = tinggi
Luas = a x t x 1/2
Keliling = sisiA + sisiB + sisiC atau Jumlah semua sisi






4. Jajar Genjang
Ket:
a = alas
t = tinggi
Luas = a x t
Keliling = 2 x (sisiA+sisiB) atau Jumlah semua sisi






5. Layang-Layang
Ket:
d1 = diagonal 1
d2 = diagonal 2
Luas = d1xd2x1/2
Keliling = 2x(sisiA+sisiB) atau Jumlah semua sisi






6. Belah Ketupat
Ket:
d1 = diagonal 1
d2 = diagonal 2
Luas = d1 x d2 x 1/2
Keliling = 4 x s atau Jumlah semua sisi






7. Lingkaran
Ket:
r = radius (jari-jari)

d = diameter
π = 3,14 atau 22/7
Luas = π x r x r
Keliling = 2 x π x r atau πd




8. Trapesium
Ket:
t = tinggi
Luas = (sisiA+sisiB) x t x 1/2
Keliling = sisiA + sisiB + sisiC + sisiD atau Jumlah semua sisi

193 komentar:

  1. ada rumus mencari lebar persegipanjang gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KLO PR GW YG DISURUH SEMUA BANGU DATAR GIMANA KLO ADA MINTA LINK LAH''

      Hapus
    2. mksdnya apa, Otaku-san? ._.

      Hapus
  2. @Madani: tergantung apa yang diketahui dari soal ^,^

    Misal:
    ● Dik:
    -panjang = 4cm
    -luas = 24cm²
    ● Dit:
    -lebar = ....?
    ●Jawab:
    lebar= Luas : panjang
    lebar= 24cm² : 4cm
    lebar= 6cm

    ● Dik:
    -panjang = 8cm
    -keliling = 40cm
    ● Dit:
    -lebar = ....?
    ●Jawab:
    lebar= (Keliling : 2) - panjang
    lebar= (40cm : 2) - 8cm
    lebar= 20cm - 8cm
    lebar= 12cm

    Jadi, rumusnya adalah
    lebar= Luas : panjang
    atau
    lebar= (Keliling : 2) - panjang
    tergantung apa yang diketahui dari soal ^,^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya :)

      Hapus
    2. wew keren thanks bnget bwt informasinya gan,
      bermanfaat banget loh!

      Hapus
    3. Rumusnya Segitiga sama kaki?

      Hapus
    4. untuk mencari apa?
      yang diketahui apa?

      :)

      Hapus
    5. RUMUS LUAS DAN KELILING







      Hapus
    6. klo mencari rumus luas dr persegi panjang hanya ada sisi=30cm gmana yah?

      Hapus
    7. makasih sudah berkunjung, Kak :)
      itu panjang 30cm nya untuk satu sisi atau untuk panjang alas dan tinggi?

      Hapus
  3. makasih gan infonya sangat membantu ane , (y)

    BalasHapus
  4. Thanks Gan,maju didepan ngapalin itu bisa gan gara gara lu

    BalasHapus
  5. mau tanya nih gan, kan diket luas persegi panjang 72 cm2, panjangnya 3x lebar.. yang ditanyain berapa panjang diagonal bidangnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. L = p x l (dimana p = 3l)
      L = 3l x l = 3l^2

      72 = 3l^2 ===> l^2 = 72/3 = 24
      ===> l = akar dari 24

      p = 3 x (akar 24)

      diagonal = akar dari (p^2 + l^2)
      = akar dari ((9x24) + 24)
      = akar dari (240)

      Hapus
  6. thanks ya guys

    BalasHapus
  7. @widi: maaf... pelajaranku belum sampai situ :(

    BalasHapus
  8. siiipp bagus...maksih kk infonya..aku lagi..butuh, lgi siap2x ujian.. ;)

    BalasHapus
  9. @Faris: oke... semoga nilaimu bagus :D

    @Widi: sekali lagi aku minta maaf :(

    BalasHapus
  10. wah gan ty bgt nih Rumusnye, Thanks lohh ~l^o^l~

    BalasHapus
  11. Thx gan :) Gua Salut sama lu , Ngomong-ngomong ente masih Kelas Berapa ?

    BalasHapus
  12. Gan, luas oval dengan lingkaran sama atau berbeda? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda gan :)
      walaupun panjang diameternya beda... pasti luasnya juga beda, karena oval itu bukan lingkaran...

      *dan kalo ditanya rumus oval, saya juga enggak tau... karena belum pernah ketemu soal mengenai luas/keliling oval >,<

      Hapus
  13. salut sama anak yg satu ini, kelas 8 udah bisa sharing ilmunya di dunmay. sukses ya dek. ntar kalo mau SMA harus bener2 milih jurusannya yg sesuai ya

    BalasHapus
  14. @widi & anto
    untuk mencari diagonal pada persegi panjang caranya menggunakan phytagoras,a^2 + b^2 = c^2
    agan bisa membayangkan sebuah segitiga siku2 jika bagian diagonal persegi panjang dipotong jadi 2.
    jadi diagonal persegi panjang maupun diagonal persegi/bujursangkar sama dengan sisi miring dari sebuah segitiga siku2.

    contoh : dik --> sebuah persegi panjang p=12 l=5
    dit --> panjang diagonal persegi panjang?
    jawab --> p = a, l=b
    rumus phytagoras (a^2 + b^2 = c^2)
    12^2 + 5^2 = c^2
    144 + 25 = c^2
    169 = c^2
    c = akar169 <--- kuadrat dipindah ruas
    jadi akar
    c = 13

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya... sebenarnya caranya sudah dapat dari guru saya bang, tapi ada soal yang enggak bisa saya kerjain xD

      Hapus
  15. blogger si antonnn mantappp,numpang copas bang

    BalasHapus
  16. KALAU MISALNYA SOALNYA GINI =LUAS1/2LINGKARAN =PxL+1/2x[1/4RD2] =14CMx5+1/2x(1/4x14CMx14CM) =70CM+1/2x5CM =70CM+25CM BENAR GAK KALAU GAK BENAR KASIH TAU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh.... maaf, baru bisa balas skarang :(
      Kamu kirim aja pesan ke http://goo.gl/DKcZK biar saya jawab :)

      Hapus
  17. bagaimana cara mencari salah satu sisi persegi ????? L=9cm (persegi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. L = 9cm²
      s = ...?

      s = √L
      s = √9cm²
      s = 3cm

      Hapus
  18. bagaimana cara mencari sisi pada persegi ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika diketahui keliling
      s = K/4

      jika diketahui luas
      s = √L

      Hapus
  19. bagaimana cara mencari alas pada segitiga????

    BalasHapus
  20. Mau tanya dong, gimana cara nya mencari sisi pada persegi ya...? Contoh soalnya sisi = 1444cm2 dan Satu nya lagi 4096mm2

    BalasHapus
  21. thanks ya blognya ,, bermanfaat sekali ,, (bagusss)

    BalasHapus
  22. makasi blognya dek... udah lupa, abang blajar lg deh klo gini... XD jgn ditiru ya!

    BalasHapus
  23. @Bunga: limas tidak saya "masukkan" karena ini topiknya bangun datar :D
    @XoroX: ok bang :D

    BalasHapus
  24. wah bagus ni, sangat bermanfaat...salut..salut...:)

    BalasHapus
  25. Gan makasih gan mumpung banget nih gw ada PR antep ah

    BalasHapus
  26. Rumus keliling lingkaran nya salah dek.. harusnya (2 phi r) atau (phi d)

    BalasHapus
  27. Ana: loh iya.... makasih banyak ya kak :)

    BalasHapus
  28. Ass,mu tanya ttang rumus kliling jajar genjang
    RSTU ,Panjang RS=14cm,SU=12cm,TR=3cm
    keliling bgun di samping....cm

    BalasHapus
  29. Anon: apakah gambarnya seperti ini? http://goo.gl/xXdRV5 jika bukan... bolehkah aku melihat gambarnya

    BalasHapus
  30. ini bermanfaat bgt dan lengkap bgt !!! thnks brooo

    BalasHapus
  31. Gan mau tanya klo mau mencari d2 (diagonal 2) untuk layang" caranya gimana ?
    Thanks

    BalasHapus
  32. ngebantu bgtt nihh ;)

    BalasHapus
  33. Anon1: diagonal bisa dicari dengan menggunakan rumus pythagoras...
    Anaon2: oke ^_^ terima kasih sudah berkujung

    BalasHapus
  34. THX mas bro buku ane di kumpulin dan gua harus ngapalin di depan kelas THX berguna banget

    BalasHapus
  35. bro luas trapesiunnya salah harus (a+b)xt:1/2 =((

    BalasHapus
  36. Ari Aprilianto:
    itu udah benar kok bro...
    Luas Trapesium: (a+b)xt x 1/2

    kalo (a+b)xt : 1/2 maka akan menjadi (a+b) x t x 2

    BalasHapus
  37. Mau tanya donk, gmana cara mencari luas segi empat jika masing2 sisi berbeda panjangnya, contoh:

    14,10 x 9,50 x 12,90 x 9,58

    Makasih :)

    BalasHapus
  38. Siti Alifia AlfarisJumat, November 22, 2013

    Mau tanya,,cara nyari tinggi trapesium gimana ya ??

    BalasHapus
  39. Djodi: coba sertakan dengan gambar Bang :)
    Siti: Tergantung apa yang diketahui :D

    Dik: luas
    Maka
    Luas / (a+b) x 2

    BalasHapus
  40. Mr. Anton, mau tanya, bagaimana ya.. Cara menghitung luas bangun gabungan?? Terima kasih jawabannya..

    BalasHapus
  41. Harizh: ya elah.... :v ndak perlu pake "Mr. Anton" segala :)) cukup paggil "Anton"

    oke... kalo untuk mencari luas bangun gabungan, caranya perhatikan bangun2 pembentuk bangun gabungan tsb.

    Misalnya ada bangun gabungan yang ternyata terdiri dari bangun persegi, segitiga, dan trapesium.... Ya, kita tinggal mencari luas bangun persegi, bangun segitiga, dan bangun trapesium dan kemudian menjumlahkan ketiga luas bangun tsb

    BalasHapus
  42. Mr.anton gimana rumus mencari luas segi banyak tak beraturan dgn yg diketahui sisi'nya... (Makasih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung :D
      Untuk Luas Segitiga yg hanya diketahui sisinya, bisa menggunakan

      L = √S (S-a) (S-b) (S-c)

      S = 1/2 (a+b+c)

      Hapus
  43. kalo boleh ciri2 nya pasang dong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm... ciri-ciri, ya Gan... Oke lah, nanti kalo sempat Gan >.<

      Hapus
  44. Thanks ya gan atas rumusnya

    BalasHapus
  45. Mantap rumus nya gan... tpi kalo boleh usul background nya di gnti donk warna nya, klo pkk warna merah rada buat mata ane panas

    BalasHapus
  46. Anon: Makasih atas kunjungannya dan juga sarannya :)

    BalasHapus
  47. klo soalnya gini gimana? Luas persegi adalah 144 dm². keliling persegi adalah?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas kunjungannya ^_^

      Luas = 144 dm²

      sisi = √Luas
      sisi = √144 dm²
      sisi = 12 dm

      Keliling = 4 x sisi
      Keliling = 4 x 12 dm
      Keliling = 48 dm

      Hapus
  48. makasih gan ini sangat berguna.thanks ^_^

    BalasHapus
  49. :D Sangat membantu Gan Thanks . . . . . .

    BalasHapus
  50. Anakku makin pintar belajar lagi nih ...........

    BalasHapus
  51. gan, judul lagu nya apa.?

    BalasHapus
  52. gan ini makaut nya gimana
    luas persegi.625m2.berapa m kelilingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dik:
      Luas = 625m²

      DIt:
      Keliling = ?

      Jawab:
      Luas = sisi x sisi
      625m² = (sisi)²
      sisi = √625m²
      sisi = 25m

      Keliling = 4 x sisi
      Keliling = 4 x 25m
      Keliling = 100m

      Hapus
  53. Thnks gan infonya :)

    BalasHapus
  54. Nem SD Kamu Berapa?

    BalasHapus
  55. bro, mau tanya, kalo "lingkaran berpusat di O berjari jari 10cm, dan <POQ= 72. Luas juring POQ adalah?" Tolong dijawab bro:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke bro, mari kita selesaikan ^_^

      Dik:
      r = 10cm
      <POQ = 72°

      Dit:
      Luas juring = ?
      Luas juring = sudut pusat / jumlah sudut lingkaran x luas liangkaran
      Luas juring = 72° / 360° x π x r²
      Luas juring = 5 x 3,14 x 10cm x 10cm
      Luas juring = 1570cm²

      Hapus
    2. Makasih brooo:)

      Hapus
  56. Makasih banyak bro,,kerenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bro, boleh izin copas

      Hapus
    2. silakan saja bro :) tapi ingat sumber ya >.<

      Hapus
  57. Cobaa mau nanya keliling belah ketupat yang berhubungan dengan persegi

    BalasHapus
  58. Thx ya broo... sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  59. Makasih yh anton... semoga makin pinter (y)

    BalasHapus
  60. mau nanya..
    kalo misalkan soalnya gini"dik suatu lingkaran dengan keliling 88cm,jari" lingkaran tsb adalah"
    pake rumus yg mna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai rumus keliling lingkaran aja, Kak!

      Dik:
      Kel = 88 cm

      Dit:
      r = ?

      K = π x 2r
      88 cm = 22/7 x 2r
      88 cm = 44/7 x r
      88 cm / 44 = r / 7
      2 cm = r / 7
      2 cm x 7 = r
      r = 14 cm

      Hapus
  61. kalo rumus trapesium siku-siku rumus nya sama dengan trapesium sama kaki?
    kalo beda apa rumus luas & keliling nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, rumus untuk mencari luas T. sama kaki dan T. siku2 itu sama...

      Dan kalo mencari Kel. nya, bedanya pada panjang sisi yang miring dengan sisi yang tegak...

      Hapus
    2. bisa mintak tolong gag, kirimkan donk 10 jenis bangun ruang,penjabarannya,serta rumusnya, mohon bantuannya

      Hapus
    3. Hmm... Buat artikel baru, ya? Tapi kalo sekarang belum sempat, kak :(
      Tapi aku bantu nama-nama bangunnya dulu ya :)

      Kubus, Balok, Limas Segi 3, Prisma Segi 3, Limas Segi 4, Prisma Segi 5, Kerucut, Tabung, Bola, Limas Segi 5, Prisma Segi 6

      Hapus
  62. bisa bantu gag, kirimkan 10 macam bangun ruang beserta rumusnya,dan penjabarannya,tolong dibantu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... Buat artikel baru, ya? Tapi kalo sekarang belum sempat, kak :(
      Tapi aku bantu nama-nama bangunnya dulu ya :)

      Kubus, Balok, Limas Segi 3, Prisma Segi 3, Limas Segi 4, Prisma Segi 5, Kerucut, Tabung, Bola, Limas Segi 5, Prisma Segi 6,

      Hapus
  63. terimakasih le ganteng :)

    BalasHapus
  64. Nemuin Masalah Nih,,,
    Ada ukuran empat sisi a=125m b=125m c=215m d=114m
    Berapa yaa Luas areal tersebut kedalam Hectare..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya 'mungkin' seperti gambar pada link ini https://upload.facebook.com/BlognyaSiAnton/photos/a.441581555904294.103485.440719279323855/740119509383829

      Kalo salah, coba berikan gambarnya (jika ada) atau petunjuk lain :)

      Hapus
  65. wah bagus banget bermanfaat bagi kita semua siap-siap yg ikut lomba KLM 2014 di Universitas Negeri Makassar

    BalasHapus
  66. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Komputer, Kursus Jarak Jauh

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran

    BalasHapus
  67. Kalau keliling nya 44cm trs lebar nya 7cm trs suruh mencari berapa luas persegi panjang tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah berkunjung, Mbak :)
      Jawabnnya gini, Mbak :)

      Dik:
      | Kel: 44cm
      | lebar: 7cm

      Dit:
      Luas = ?

      Jawab:
      Keliling = 2 (p + l )
      44cm = 2 (p + 7cm)
      44cm = 2p + 14cm
      - 14cm + 44cm = 2p
      2p = - 14cm + 44cm
      2p = 30cm
      p = 15cm

      Luas = p x l
      Luas = 15cm x 7cm
      Luas = 105cm^2

      Ket:
      ^ = pangkat

      Hapus
  68. Kalau persegi panjang sudah di ketahui keliling =44cm dan lebar 7 cm berapa panjang luas persegi panjang tersebu? Itu gmn y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah berkunjung, Mbak :)
      Jawabnnya gini, Mbak :)

      Dik:
      | Kel: 44cm
      | lebar: 7cm

      Dit:
      Luas = ?

      Jawab:
      Keliling = 2 (p + l )
      44cm = 2 (p + 7cm)
      44cm = 2p + 14cm
      - 14cm + 44cm = 2p
      2p = - 14cm + 44cm
      2p = 30cm
      p = 15cm

      Luas = p x l
      Luas = 15cm x 7cm
      Luas = 105cm^2

      Ket:
      ^ = pangkat

      Hapus
  69. Sebuah persegi panjang dengan keliling 66cm dan luas 270cm^ berapa panjang dan lebarnya? Makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Kak. Karena sudah berkunjung ^^
      Mari kita bahas soalnya :)

      Dik:
      K = 66cm
      L = 270cm^2

      Dit:
      p = ...
      l = ...

      Jawab:

      2( p + l ) = 66
      p + l = 66/2
      p + l = 33

      p x l = 270

      Berapakah bilangan jika ditambah menghasilkan 33 dan jika dikali menghasilkan 270?

      33 = p + l
      33 = 18 + 15

      270 = p x l
      270 = 18 x 15

      Jadi, panjangnya 18cm dan lebarnya 15cm.

      Hapus
  70. berapa luas tanah dengan ukuran :
    368,5 meter
    200 meter
    149,5 meter
    111 meter

    BalasHapus
  71. Mohon tanya, jika diketahui sebuah trapesium ABCD dengan panjang alas AB = 42 cm, BC (sisi miring sebelah kanan) = 30 cm, CD (sisi atas yang sejajar alas) = 14 cm dan DA (sisi miring sebelah kiri) = 26 cm. Berapakah panjang DE? DE adalah garis yang tegak lurus ke alas. Berapakah panjang BD? Terima kasih untuk jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan Saudara :)
      Tapi maaf, apa boleh saya minta gambar trapesiumnya?

      Hapus
  72. Mohon tanya, jika diketahui sebuah trapesium ABCD dengan panjang alas AB = 42 cm, BC (sisi miring sebelah kanan) = 30 cm, CD (sisi atas yang sejajar alas) = 14 cm dan DA (sisi miring sebelah kiri) = 26 cm. Berapakah panjang DE? DE adalah garis yang tegak lurus ke alas. Berapakah panjang BD? Terima kasih untuk jawabannya.

    BalasHapus
  73. Balasan
    1. terima kasih juga karena sudah berkunjung, gan :)

      Hapus
  74. Wahh...ini membantu bgt buat
    Aku try out besok, sekarang aku jadi
    Bisa makasih ya...😝😉😉☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung.
      Waaaaah sama dong, aku juga TO.... Tapi kemarin da kelar :)

      Hapus
  75. keliling = 40 cm panjang 23 dm ditanya berapa sisi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung.
      Tapi saya bingung, pertanyaan ini tentang bangun apa, ya?

      Hapus
  76. luas taman yang berbentuk persegi panjang adalah 1.200 meter persegi.jika panjang taman 40m,tentukan keliling taman tersebut? mohon infonya gan

    BalasHapus
  77. sangat bermanfaat sekali artikelnya .. sukses selalu

    BalasHapus
  78. maaf gan mau tanya nih , mumet jg...ada soal bangun gabungan trapesium dan setengah lingkrn, nah bangun trapsm nta panjang sisi atas 24cm dan sisi bawah 14 cm , yang setengah lingkaran ada didalam bangun trap tersebut dengan dia. 14 , gimana cara cari luasnya ?? trm kash banyak sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, terima kasih kembali :)
      Tapi, bolehkah saya meminta gambar bangun tersebut?

      Hapus
  79. Balasan
    1. Terima kasih juga karena sudah berkunjung :)

      Hapus
  80. Wow keren bgt bermanfaat bgt buat gw

    BalasHapus
  81. teman " tolong bantu aq dong mencari rumus jajargenjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumus untuk mencari luas dan keliling jajargenjang, kan, sudah ada di artikel ini, teman :)
      tepatnya di urutan ke-4 ;)

      Hapus
  82. Thanks ya udah share rumus-rumusnya.

    BalasHapus
  83. Mkasih infonya gan. lumayan nie buat tambah ilmu.

    BalasHapus
  84. bos kalo trapesiumm tapi berbentuk setengah lingkaran rumusnya bagaimana???

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk Anda.
/*/ Sopan
/*/ Tiada SARA di antara kita
/*/ No BB 18+
/*/ Usahakan untuk tidak OOT(Out of Topic)