Perhatian!!

Per 13 Desember 2015,  antonkeren.com berubah menjadi blognyasianton :) Terima kasih

`

Rumus-Rumus Mencari Luas dan Keliling Bangun Datar

Selamat sore, kali ini saya akan membagikan Rumus-Rumus Mencari Luas dan Keliling Bangun Datar. Ini dia rumus-rumusnya:


1. Persegi
Ket:
s = sisi
Luas = s x s
Keliling = 4 x s atau Jumlah semua sisi


Ket:
p = panjang
l = lebar
Luas = p x l
Keliling = 2 x (p+l) atau 2xp + 2xl atau Jumlah semua sisi






3. Segitiga
Ket:
a = alas
t = tinggi
Luas = a x t x 1/2
Keliling = sisiA + sisiB + sisiC atau Jumlah semua sisi






4. Jajar Genjang
Ket:
a = alas
t = tinggi
Luas = a x t
Keliling = 2 x (sisiA+sisiB) atau Jumlah semua sisi






5. Layang-Layang
Ket:
d1 = diagonal 1
d2 = diagonal 2
Luas = d1xd2x1/2
Keliling = 2x(sisiA+sisiB) atau Jumlah semua sisi






6. Belah Ketupat
Ket:
d1 = diagonal 1
d2 = diagonal 2
Luas = d1 x d2 x 1/2
Keliling = 4 x s atau Jumlah semua sisi






7. Lingkaran
Ket:
r = radius (jari-jari)

d = diameter
π = 3,14 atau 22/7
Luas = π x r x r
Keliling = 2 x π x r atau πd




8. Trapesium
Ket:
t = tinggi
Luas = (sisiA+sisiB) x t x 1/2
Keliling = sisiA + sisiB + sisiC + sisiD atau Jumlah semua sisi

Previous
Next Post »

190 komentar

Write komentar
31 Maret 2013 20.20 delete

ada rumus mencari lebar persegipanjang gak?

Reply
avatar
1 April 2013 11.06 delete

@Madani: tergantung apa yang diketahui dari soal ^,^

Misal:
● Dik:
-panjang = 4cm
-luas = 24cm²
● Dit:
-lebar = ....?
●Jawab:
lebar= Luas : panjang
lebar= 24cm² : 4cm
lebar= 6cm

● Dik:
-panjang = 8cm
-keliling = 40cm
● Dit:
-lebar = ....?
●Jawab:
lebar= (Keliling : 2) - panjang
lebar= (40cm : 2) - 8cm
lebar= 20cm - 8cm
lebar= 12cm

Jadi, rumusnya adalah
lebar= Luas : panjang
atau
lebar= (Keliling : 2) - panjang
tergantung apa yang diketahui dari soal ^,^

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5 April 2013 20.05 delete

Thanks^^

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10 April 2013 13.21 delete

makasih ya? :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12 April 2013 07.21 delete

makasih gan infonya sangat membantu ane , (y)

Reply
avatar
shinta dewi
AUTHOR
30 April 2013 18.41 delete

makasih ya :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7 Mei 2013 05.41 delete

wew keren thanks bnget bwt informasinya gan,
bermanfaat banget loh!

Reply
avatar
dhepie dev
AUTHOR
8 Mei 2013 08.33 delete

makasih infonya.........

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
13 Mei 2013 19.59 delete

Thanks Gan,maju didepan ngapalin itu bisa gan gara gara lu

Reply
avatar
26 Mei 2013 17.02 delete

mau tanya nih gan, kan diket luas persegi panjang 72 cm2, panjangnya 3x lebar.. yang ditanyain berapa panjang diagonal bidangnya ?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
28 Mei 2013 19.34 delete

thanks ya guys

Reply
avatar
30 Mei 2013 16.46 delete

@widi: maaf... pelajaranku belum sampai situ :(

Reply
avatar
Faris x3
AUTHOR
3 Juni 2013 22.49 delete

siiipp bagus...maksih kk infonya..aku lagi..butuh, lgi siap2x ujian.. ;)

Reply
avatar
4 Juni 2013 14.03 delete

@Faris: oke... semoga nilaimu bagus :D

@Widi: sekali lagi aku minta maaf :(

Reply
avatar
Millga Ardan
AUTHOR
11 Juni 2013 21.13 delete

wah gan ty bgt nih Rumusnye, Thanks lohh ~l^o^l~

Reply
avatar
farwell alfi
AUTHOR
30 Juli 2013 19.46 delete

Thx gan :) Gua Salut sama lu , Ngomong-ngomong ente masih Kelas Berapa ?

Reply
avatar
30 Juli 2013 20.20 delete

@Alfi: kelas 2 SMP, bang :D

Reply
avatar
irfan pmaw
AUTHOR
18 Agustus 2013 14.27 delete

Gan, luas oval dengan lingkaran sama atau berbeda? Thx

Reply
avatar
20 Agustus 2013 14.23 delete

Beda gan :)
walaupun panjang diameternya beda... pasti luasnya juga beda, karena oval itu bukan lingkaran...

*dan kalo ditanya rumus oval, saya juga enggak tau... karena belum pernah ketemu soal mengenai luas/keliling oval >,<

Reply
avatar
26 Agustus 2013 18.12 delete

salut sama anak yg satu ini, kelas 8 udah bisa sharing ilmunya di dunmay. sukses ya dek. ntar kalo mau SMA harus bener2 milih jurusannya yg sesuai ya

Reply
avatar
26 Agustus 2013 18.37 delete

@widi & anto
untuk mencari diagonal pada persegi panjang caranya menggunakan phytagoras,a^2 + b^2 = c^2
agan bisa membayangkan sebuah segitiga siku2 jika bagian diagonal persegi panjang dipotong jadi 2.
jadi diagonal persegi panjang maupun diagonal persegi/bujursangkar sama dengan sisi miring dari sebuah segitiga siku2.

contoh : dik --> sebuah persegi panjang p=12 l=5
dit --> panjang diagonal persegi panjang?
jawab --> p = a, l=b
rumus phytagoras (a^2 + b^2 = c^2)
12^2 + 5^2 = c^2
144 + 25 = c^2
169 = c^2
c = akar169 <--- kuadrat dipindah ruas
jadi akar
c = 13

Reply
avatar
27 Agustus 2013 06.29 delete

ya... sebenarnya caranya sudah dapat dari guru saya bang, tapi ada soal yang enggak bisa saya kerjain xD

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
30 Agustus 2013 13.26 delete

L = p x l (dimana p = 3l)
L = 3l x l = 3l^2

72 = 3l^2 ===> l^2 = 72/3 = 24
===> l = akar dari 24

p = 3 x (akar 24)

diagonal = akar dari (p^2 + l^2)
= akar dari ((9x24) + 24)
= akar dari (240)

Reply
avatar
ipul barca
AUTHOR
19 September 2013 07.59 delete

blogger si antonnn mantappp,numpang copas bang

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
22 September 2013 20.59 delete

KALAU MISALNYA SOALNYA GINI =LUAS1/2LINGKARAN =PxL+1/2x[1/4RD2] =14CMx5+1/2x(1/4x14CMx14CM) =70CM+1/2x5CM =70CM+25CM BENAR GAK KALAU GAK BENAR KASIH TAU

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
22 September 2013 21.53 delete

PLISS JAWAB LAH

Reply
avatar
Kyraanjani
AUTHOR
23 September 2013 17.09 delete

Makasih blognya bagus numpang copas ^_^

Reply
avatar
25 September 2013 13.45 delete

Loh.... maaf, baru bisa balas skarang :(
Kamu kirim aja pesan ke http://goo.gl/DKcZK biar saya jawab :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
29 September 2013 17.51 delete

bagaimana cara mencari salah satu sisi persegi ????? L=9cm (persegi)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
29 September 2013 18.21 delete

bagaimana cara mencari sisi pada persegi ???

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
29 September 2013 18.25 delete

bagaimana cara mencari alas pada segitiga????

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
30 September 2013 19.04 delete

Mau tanya dong, gimana cara nya mencari sisi pada persegi ya...? Contoh soalnya sisi = 1444cm2 dan Satu nya lagi 4096mm2

Reply
avatar
1 Oktober 2013 18.29 delete

jika diketahui keliling
s = K/4

jika diketahui luas
s = √L

Reply
avatar
1 Oktober 2013 18.32 delete

L = 9cm²
s = ...?

s = √L
s = √9cm²
s = 3cm

Reply
avatar
Bunga Sridevi
AUTHOR
10 Oktober 2013 15.20 delete

thanks ya blognya ,, bermanfaat sekali ,, (bagusss)

Reply
avatar
Bunga Sridevi
AUTHOR
10 Oktober 2013 15.37 delete

rumus limas apa gen ??

Reply
avatar
rxoroxr
AUTHOR
23 Oktober 2013 23.27 delete

makasi blognya dek... udah lupa, abang blajar lg deh klo gini... XD jgn ditiru ya!

Reply
avatar
24 Oktober 2013 13.10 delete

@Bunga: limas tidak saya "masukkan" karena ini topiknya bangun datar :D
@XoroX: ok bang :D

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
27 Oktober 2013 19.22 delete

wah bagus ni, sangat bermanfaat...salut..salut...:)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
28 Oktober 2013 19.20 delete

Gan makasih gan mumpung banget nih gw ada PR antep ah

Reply
avatar
30 Oktober 2013 06.11 delete

ok... senang bisa membantu :D

Reply
avatar
Ana
AUTHOR
31 Oktober 2013 22.49 delete

Rumus keliling lingkaran nya salah dek.. harusnya (2 phi r) atau (phi d)

Reply
avatar
2 November 2013 16.34 delete

Ana: loh iya.... makasih banyak ya kak :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
3 November 2013 21.03 delete

Ass,mu tanya ttang rumus kliling jajar genjang
RSTU ,Panjang RS=14cm,SU=12cm,TR=3cm
keliling bgun di samping....cm

Reply
avatar
3 November 2013 21.25 delete

Anon: apakah gambarnya seperti ini? http://goo.gl/xXdRV5 jika bukan... bolehkah aku melihat gambarnya

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10 November 2013 16.46 delete

ini bermanfaat bgt dan lengkap bgt !!! thnks brooo

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10 November 2013 22.54 delete

Gan mau tanya klo mau mencari d2 (diagonal 2) untuk layang" caranya gimana ?
Thanks

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12 November 2013 20.48 delete

ngebantu bgtt nihh ;)

Reply
avatar
13 November 2013 06.34 delete

Anon1: diagonal bisa dicari dengan menggunakan rumus pythagoras...
Anaon2: oke ^_^ terima kasih sudah berkujung

Reply
avatar
13 November 2013 19.14 delete

THX mas bro buku ane di kumpulin dan gua harus ngapalin di depan kelas THX berguna banget

Reply
avatar
13 November 2013 20.30 delete

bro luas trapesiunnya salah harus (a+b)xt:1/2 =((

Reply
avatar
14 November 2013 05.49 delete

Ari Aprilianto:
itu udah benar kok bro...
Luas Trapesium: (a+b)xt x 1/2

kalo (a+b)xt : 1/2 maka akan menjadi (a+b) x t x 2

Reply
avatar
djodi djo
AUTHOR
22 November 2013 11.13 delete

Mau tanya donk, gmana cara mencari luas segi empat jika masing2 sisi berbeda panjangnya, contoh:

14,10 x 9,50 x 12,90 x 9,58

Makasih :)

Reply
avatar
Siti Alifia Alfaris
AUTHOR
23 November 2013 14.03 delete

Mau tanya,,cara nyari tinggi trapesium gimana ya ??

Reply
avatar
23 November 2013 16.23 delete

Djodi: coba sertakan dengan gambar Bang :)
Siti: Tergantung apa yang diketahui :D

Dik: luas
Maka
Luas / (a+b) x 2

Reply
avatar
30 November 2013 10.28 delete

Mr. Anton, mau tanya, bagaimana ya.. Cara menghitung luas bangun gabungan?? Terima kasih jawabannya..

Reply
avatar
30 November 2013 21.02 delete

Harizh: ya elah.... :v ndak perlu pake "Mr. Anton" segala :)) cukup paggil "Anton"

oke... kalo untuk mencari luas bangun gabungan, caranya perhatikan bangun2 pembentuk bangun gabungan tsb.

Misalnya ada bangun gabungan yang ternyata terdiri dari bangun persegi, segitiga, dan trapesium.... Ya, kita tinggal mencari luas bangun persegi, bangun segitiga, dan bangun trapesium dan kemudian menjumlahkan ketiga luas bangun tsb

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5 Desember 2013 19.25 delete

Rumusnya Segitiga sama kaki?

Reply
avatar
6 Desember 2013 13.51 delete

untuk mencari apa?
yang diketahui apa?

:)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
18 Januari 2014 18.56 delete

Mr.anton gimana rumus mencari luas segi banyak tak beraturan dgn yg diketahui sisi'nya... (Makasih)

Reply
avatar
18 Januari 2014 21.59 delete

Terima kasih sudah berkunjung :D
Untuk Luas Segitiga yg hanya diketahui sisinya, bisa menggunakan

L = √S (S-a) (S-b) (S-c)

S = 1/2 (a+b+c)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9 Februari 2014 19.29 delete

kalo boleh ciri2 nya pasang dong gan

Reply
avatar
9 Februari 2014 19.57 delete

Hmmm... ciri-ciri, ya Gan... Oke lah, nanti kalo sempat Gan >.<

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10 Februari 2014 18.02 delete

Thanks ya gan atas rumusnya

Reply
avatar
10 Februari 2014 18.04 delete

Thanks atas infonya gan

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
18 Februari 2014 17.08 delete

Mantap rumus nya gan... tpi kalo boleh usul background nya di gnti donk warna nya, klo pkk warna merah rada buat mata ane panas

Reply
avatar
19 Februari 2014 14.09 delete

Anon: Makasih atas kunjungannya dan juga sarannya :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
19 Februari 2014 19.56 delete

klo soalnya gini gimana? Luas persegi adalah 144 dm². keliling persegi adalah?...

Reply
avatar
21 Februari 2014 02.36 delete

Makasih atas kunjungannya ^_^

Luas = 144 dm²

sisi = √Luas
sisi = √144 dm²
sisi = 12 dm

Keliling = 4 x sisi
Keliling = 4 x 12 dm
Keliling = 48 dm

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
26 Februari 2014 14.29 delete

numpang lewat
^_^

Reply
avatar
26 Februari 2014 14.45 delete

makasih gan ini sangat berguna.thanks ^_^

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7 Maret 2014 15.37 delete

thank y:)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7 Maret 2014 19.44 delete

:D Sangat membantu Gan Thanks . . . . . .

Reply
avatar
1 April 2014 21.23 delete

Anakku makin pintar belajar lagi nih ...........

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7 April 2014 14.05 delete

gan, judul lagu nya apa.?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7 April 2014 16.30 delete

gan ini makaut nya gimana
luas persegi.625m2.berapa m kelilingnya

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7 April 2014 20.57 delete

Thanks

Reply
avatar
9 April 2014 08.05 delete

Pink - Just Give Me a Reason :)

Reply
avatar
9 April 2014 08.10 delete

Dik:
Luas = 625m²

DIt:
Keliling = ?

Jawab:
Luas = sisi x sisi
625m² = (sisi)²
sisi = √625m²
sisi = 25m

Keliling = 4 x sisi
Keliling = 4 x 25m
Keliling = 100m

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
11 April 2014 18.32 delete

Thnks gan infonya :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
15 April 2014 14.51 delete

RUMUS LUAS DAN KELILING







Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
17 April 2014 12.08 delete

Nem SD Kamu Berapa?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
23 April 2014 23.51 delete

bro, mau tanya, kalo "lingkaran berpusat di O berjari jari 10cm, dan <POQ= 72. Luas juring POQ adalah?" Tolong dijawab bro:)

Reply
avatar
24 April 2014 18.15 delete

Oke bro, mari kita selesaikan ^_^

Dik:
r = 10cm
<POQ = 72°

Dit:
Luas juring = ?
Luas juring = sudut pusat / jumlah sudut lingkaran x luas liangkaran
Luas juring = 72° / 360° x π x r²
Luas juring = 5 x 3,14 x 10cm x 10cm
Luas juring = 1570cm²

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
24 April 2014 20.13 delete

Makasih brooo:)

Reply
avatar
mala zahira
AUTHOR
28 April 2014 22.16 delete

klo mencari rumus luas dr persegi panjang hanya ada sisi=30cm gmana yah?

Reply
avatar
30 April 2014 14.27 delete

makasih sudah berkunjung, Kak :)
itu panjang 30cm nya untuk satu sisi atau untuk panjang alas dan tinggi?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1 Mei 2014 07.19 delete

Makasih banyak bro,,kerenn

Reply
avatar
akbar dvs
AUTHOR
1 Mei 2014 07.21 delete

maaf bro, boleh izin copas

Reply
avatar
1 Mei 2014 08.11 delete

silakan saja bro :) tapi ingat sumber ya >.<

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2 Mei 2014 20.52 delete

Trim's

Reply
avatar
dede
AUTHOR
4 Mei 2014 10.31 delete

Cobaa mau nanya keliling belah ketupat yang berhubungan dengan persegi

Reply
avatar
7 Mei 2014 05.41 delete

Thx ya broo... sangat bermanfaat...

Reply
avatar
Nanda Panita
AUTHOR
8 Mei 2014 20.51 delete

Makasih yh anton... semoga makin pinter (y)

Reply
avatar
riska
AUTHOR
9 Mei 2014 11.21 delete

mau nanya..
kalo misalkan soalnya gini"dik suatu lingkaran dengan keliling 88cm,jari" lingkaran tsb adalah"
pake rumus yg mna ?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9 Mei 2014 14.28 delete

kalo rumus trapesium siku-siku rumus nya sama dengan trapesium sama kaki?
kalo beda apa rumus luas & keliling nya?

Reply
avatar
9 Mei 2014 15.36 delete

Pakai rumus keliling lingkaran aja, Kak!

Dik:
Kel = 88 cm

Dit:
r = ?

K = π x 2r
88 cm = 22/7 x 2r
88 cm = 44/7 x r
88 cm / 44 = r / 7
2 cm = r / 7
2 cm x 7 = r
r = 14 cm

Reply
avatar
9 Mei 2014 15.41 delete

Setahu saya, rumus untuk mencari luas T. sama kaki dan T. siku2 itu sama...

Dan kalo mencari Kel. nya, bedanya pada panjang sisi yang miring dengan sisi yang tegak...

Reply
avatar
12 Mei 2014 15.33 delete

bisa bantu gag, kirimkan 10 macam bangun ruang beserta rumusnya,dan penjabarannya,tolong dibantu ya

Reply
avatar
12 Mei 2014 16.46 delete

bisa mintak tolong gag, kirimkan donk 10 jenis bangun ruang,penjabarannya,serta rumusnya, mohon bantuannya

Reply
avatar
12 Mei 2014 17.13 delete

Hmm... Buat artikel baru, ya? Tapi kalo sekarang belum sempat, kak :(
Tapi aku bantu nama-nama bangunnya dulu ya :)

Kubus, Balok, Limas Segi 3, Prisma Segi 3, Limas Segi 4, Prisma Segi 5, Kerucut, Tabung, Bola, Limas Segi 5, Prisma Segi 6,

Reply
avatar
12 Mei 2014 17.13 delete

Hmm... Buat artikel baru, ya? Tapi kalo sekarang belum sempat, kak :(
Tapi aku bantu nama-nama bangunnya dulu ya :)

Kubus, Balok, Limas Segi 3, Prisma Segi 3, Limas Segi 4, Prisma Segi 5, Kerucut, Tabung, Bola, Limas Segi 5, Prisma Segi 6

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
24 Mei 2014 19.33 delete

terimakasih le ganteng :)

Reply
avatar
abdul kadir
AUTHOR
10 Juli 2014 10.02 delete

Nemuin Masalah Nih,,,
Ada ukuran empat sisi a=125m b=125m c=215m d=114m
Berapa yaa Luas areal tersebut kedalam Hectare..??

Reply
avatar
Tanpa Nama
AUTHOR
10 Juli 2014 12.16 delete

Jawabannya 'mungkin' seperti gambar pada link ini https://upload.facebook.com/BlognyaSiAnton/photos/a.441581555904294.103485.440719279323855/740119509383829

Kalo salah, coba berikan gambarnya (jika ada) atau petunjuk lain :)

Reply
avatar
OTAKU
AUTHOR
24 Agustus 2014 11.08 delete

KLO PR GW YG DISURUH SEMUA BANGU DATAR GIMANA KLO ADA MINTA LINK LAH''

Reply
avatar
Tanpa Nama
AUTHOR
24 Agustus 2014 21.31 delete

mksdnya apa, Otaku-san? ._.

Reply
avatar
24 Agustus 2014 21.33 delete

mksdnya apa ya, Otaku-san? ._.

Reply
avatar
rezka
AUTHOR
27 Oktober 2014 16.55 delete

wah bagus banget bermanfaat bagi kita semua siap-siap yg ikut lomba KLM 2014 di Universitas Negeri Makassar

Reply
avatar
30 Oktober 2014 05.49 delete

Terima kasih sudah berkunjung :)

Reply
avatar
1 November 2014 10.47 delete

Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Komputer, Kursus Jarak Jauh

Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran

Reply
avatar
Yuli Niur
AUTHOR
5 Desember 2014 16.03 delete

Kalau keliling nya 44cm trs lebar nya 7cm trs suruh mencari berapa luas persegi panjang tersebut?

Reply
avatar
Yuli Niur
AUTHOR
5 Desember 2014 16.07 delete

Kalau persegi panjang sudah di ketahui keliling =44cm dan lebar 7 cm berapa panjang luas persegi panjang tersebu? Itu gmn y

Reply
avatar
6 Desember 2014 07.38 delete

Makasih sudah berkunjung, Mbak :)
Jawabnnya gini, Mbak :)

Dik:
| Kel: 44cm
| lebar: 7cm

Dit:
Luas = ?

Jawab:
Keliling = 2 (p + l )
44cm = 2 (p + 7cm)
44cm = 2p + 14cm
- 14cm + 44cm = 2p
2p = - 14cm + 44cm
2p = 30cm
p = 15cm

Luas = p x l
Luas = 15cm x 7cm
Luas = 105cm^2

Ket:
^ = pangkat

Reply
avatar
6 Desember 2014 07.38 delete

Makasih sudah berkunjung, Mbak :)
Jawabnnya gini, Mbak :)

Dik:
| Kel: 44cm
| lebar: 7cm

Dit:
Luas = ?

Jawab:
Keliling = 2 (p + l )
44cm = 2 (p + 7cm)
44cm = 2p + 14cm
- 14cm + 44cm = 2p
2p = - 14cm + 44cm
2p = 30cm
p = 15cm

Luas = p x l
Luas = 15cm x 7cm
Luas = 105cm^2

Ket:
^ = pangkat

Reply
avatar
nidhaaffy_
AUTHOR
24 Januari 2015 13.00 delete

Sebuah persegi panjang dengan keliling 66cm dan luas 270cm^ berapa panjang dan lebarnya? Makasih:)

Reply
avatar
24 Januari 2015 18.27 delete

Terima kasih, Kak. Karena sudah berkunjung ^^
Mari kita bahas soalnya :)

Dik:
K = 66cm
L = 270cm^2

Dit:
p = ...
l = ...

Jawab:

2( p + l ) = 66
p + l = 66/2
p + l = 33

p x l = 270

Berapakah bilangan jika ditambah menghasilkan 33 dan jika dikali menghasilkan 270?

33 = p + l
33 = 18 + 15

270 = p x l
270 = 18 x 15

Jadi, panjangnya 18cm dan lebarnya 15cm.

Reply
avatar
ahmad dani
AUTHOR
9 Februari 2015 21.35 delete

berapa luas tanah dengan ukuran :
368,5 meter
200 meter
149,5 meter
111 meter

Reply
avatar
15 Februari 2015 08.11 delete

Maaf... bentuk tanahnya bagaimana, Pak?

Reply
avatar
Khouw TH
AUTHOR
15 Februari 2015 22.50 delete

Mohon tanya, jika diketahui sebuah trapesium ABCD dengan panjang alas AB = 42 cm, BC (sisi miring sebelah kanan) = 30 cm, CD (sisi atas yang sejajar alas) = 14 cm dan DA (sisi miring sebelah kiri) = 26 cm. Berapakah panjang DE? DE adalah garis yang tegak lurus ke alas. Berapakah panjang BD? Terima kasih untuk jawabannya.

Reply
avatar
Khouw TH
AUTHOR
15 Februari 2015 22.51 delete

Mohon tanya, jika diketahui sebuah trapesium ABCD dengan panjang alas AB = 42 cm, BC (sisi miring sebelah kanan) = 30 cm, CD (sisi atas yang sejajar alas) = 14 cm dan DA (sisi miring sebelah kiri) = 26 cm. Berapakah panjang DE? DE adalah garis yang tegak lurus ke alas. Berapakah panjang BD? Terima kasih untuk jawabannya.

Reply
avatar
18 Februari 2015 06.56 delete

Terima kasih atas kunjungan Saudara :)
Tapi maaf, apa boleh saya minta gambar trapesiumnya?

Reply
avatar
21 Februari 2015 05.53 delete

terima kasih juga karena sudah berkunjung, gan :)

Reply
avatar
16 Maret 2015 16.37 delete

Wahh...ini membantu bgt buat
Aku try out besok, sekarang aku jadi
Bisa makasih ya...������☺

Reply
avatar
April Debby
AUTHOR
31 Maret 2015 15.15 delete

keliling = 40 cm panjang 23 dm ditanya berapa sisi nya

Reply
avatar
3 April 2015 18.26 delete

Terima kasih telah berkunjung.
Tapi saya bingung, pertanyaan ini tentang bangun apa, ya?

Reply
avatar
3 April 2015 18.37 delete

Terimakasih sudah berkunjung.
Waaaaah sama dong, aku juga TO.... Tapi kemarin da kelar :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
23 April 2015 15.52 delete

luas taman yang berbentuk persegi panjang adalah 1.200 meter persegi.jika panjang taman 40m,tentukan keliling taman tersebut? mohon infonya gan

Reply
avatar
24 April 2015 20.13 delete

sangat bermanfaat sekali artikelnya .. sukses selalu

Reply
avatar
ayun
AUTHOR
11 Mei 2015 18.46 delete

maaf gan mau tanya nih , mumet jg...ada soal bangun gabungan trapesium dan setengah lingkrn, nah bangun trapsm nta panjang sisi atas 24cm dan sisi bawah 14 cm , yang setengah lingkaran ada didalam bangun trap tersebut dengan dia. 14 , gimana cara cari luasnya ?? trm kash banyak sblmnya

Reply
avatar
rika karlina
AUTHOR
12 Mei 2015 09.31 delete

Makasih ya infonya

Reply
avatar
15 Mei 2015 08.36 delete

Terima kasih juga karena sudah berkunjung :)

Reply
avatar
15 Mei 2015 08.39 delete

Oke, terima kasih kembali :)
Tapi, bolehkah saya meminta gambar bangun tersebut?

Reply
avatar
hanz
AUTHOR
18 Mei 2015 10.26 delete

Wow keren bgt bermanfaat bgt buat gw

Reply
avatar
sifa febriani
AUTHOR
2 Juni 2015 18.51 delete

teman " tolong bantu aq dong mencari rumus jajargenjang

Reply
avatar
10 Juni 2015 00.39 delete

rumus untuk mencari luas dan keliling jajargenjang, kan, sudah ada di artikel ini, teman :)
tepatnya di urutan ke-4 ;)

Reply
avatar
Numpang Promo
AUTHOR
3 Juli 2015 09.00 delete

Thanks ya udah share rumus-rumusnya.

Reply
avatar
Hokainto jp
AUTHOR
15 Juli 2015 12.54 delete

Thx bro buat rumusnya.

Reply
avatar
19 September 2015 20.17 delete

Mkasih infonya gan. lumayan nie buat tambah ilmu.

Reply
avatar
24 November 2015 10.58 delete

bagus blog. copas ya...???

Reply
avatar

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk Anda.
/*/ Sopan
/*/ Tiada SARA di antara kita
/*/ No BB 18+
/*/ Usahakan untuk tidak OOT(Out of Topic)
ConversionConversion EmoticonEmoticon